menu

Scriptnya panjang sob

Rabu, 25 April 2012

cerita burung dan kura - kura


Burung dan Kura-kura

Suatu hari burung elang terbang melayang-layang di atas sebuah danau. Karena musim kemarau danau itu terlihat kering. Dari atas burung elang bisa melihat beberapa kura-kura pergi meninggalkan danau tersebut untuk mencari tempat lain yang lebih menjanjikan. Tapi ada sepasang kura-kura yang tak mau pergi . Mereka percaya kalau hujan pasti akan datang lagi. Kemarau tahun ini memang panjang, dan makanan sekitar danau juga mulai  berkurang. Beberapa ekor kura-kura memutuskan untuk pergi ke tempat lain atau hijrah mencari tempat yang ada makanannya. Sepasang kura-kura tersbut walau dibujuk oleh kura-kura yang lain tetap saja tak mau pergi. 
Beberapa hari kemudian danau tersebut semakin kering dan kalau kedua kura-kura tersebut tak pindah pasti akan segera mati.
Burung elang ingin menolong keduanya. Tapi bagaimana caranya? Oh iya ia bisa menolong kedua kura-kura tersebut dengan membawanya ke tempat kelompoknya. Setelah ia tengok kanan-kiri ia melihat sebatang ranting dan terlintas di pikirannya bagaimana cara menolongnya.
Didatanginya sepasang kura -kura tersebut di tepian danau yg semakin kering. Disapanya sepasang kura-kura tersebut.

" Hai kura-kura, apakah kamu tahu bahwa teman-temanmu telah menemukan sebuah tempat yang banyak makannya dan airnya cukup ?"
" Tidak tahu, kami masih menunggu hujan yang akan datang!"
"Bagaimana kalu ternyata hujan tak datang-datang, kau akan kelaparan?"
" Kami juga ingin pergi tapi badanku tak punya tenaga lagi. Untuk merangkak saja rasanya susah."
" Aku punya akal. Kalian gigitlah kedua ujung ranting ini, dan akan kubawa terbang ke teman-temanmu."
" Baiklah dan terima kasih telah mau menolong kami."
" Tapi selama menggigit jangan kau bicara ya ?"

Kura-kura mengangguk. Burung elang punh mendekati dan menyorongkan ranting ke mulut sepasang kura-kura itu.
Dibawa terbanglah kura-kura tersebut ke tempat teman-temannya. Setelah dekat dan yakin itu adalah tempat yang dituju, tanpa sadar si burung elang berseru," Hai kawanku, itu tempat yg kuceritakan tadi. Itu teman-temanmu tlah kelihatan. Mereka tampak bahagia. Sang kura-kura tersebut melihat ke bawah dan benar terlihat beberapa temannya yg sedang berendam di air.
Tanpa sadar mereke berseru juga, " Ya benar...aaaaaa ! Buk terdengar suara benda jatuh. Sepasang kura-kura terjatuh. Mereka luap kalau selama diterbangkan tak boleh berbicara. Beginilah akibatnya kalau tak mematuhi pesan sahabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar